oli mesin tahan panas

Ini Alasannya Mengapa Harus Pakai Oli Mesin Tahan Panas

Salah satu kendala ketika kita bermotor adalah panasnya suhu mesin motor yang terkadang tak terkendali atau biasa kita sebut sebagai overheat. Selain tak nyaman di kaki, suhu mesin yang panas berlebih juga bisa menyebabkan motor kita rusak. Nah makanya sebenernya kita semua perlu oli mesin tahan panas.

Salah satu penyebab sering terjadinya overheat adalah karena lo salah memilih oli. Sebab salah satu fungsi adalah mengurangi gesekan dan juga pendingin mesin. Sehingga peran oli ini begitu penting dalam rangka memperpanjang umur dan kualitas mesin motor kita.

Karena itu, sebagai pemilik motor sudah selayaknya kita harus mempertimbangkan banyak hal sebelum menjatuhkan pilihan kepada salah satu jenis oli. Ingat jangan terpancing oleh berbagai oli hanya karena mereka sering beriklan di mana-mana.

Berikut adalah beberapa tips yang mungkin bisa lo pertimbangkan sebelum memilih oli.

Hal yang pertama perlu diperhatikan adalah apakah oli yang akan lo beli itu sesuai dengan jenis motor yang digunakan. Misalkan, motor lo jenis matic kemudian coba-coba menggunakan oleh jenis motor sport atau bebek. Hadeh.

Hal ini jelas akan mengganggu kinerja motor lo sob. Jadi pastikan betul jenis oli lo sudah sesuai dengan motor lo, sebab berbeda motor, berbeda juga oli yang dipakai.

Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah pastikan bahwa tingkat keenceran oli yang dibeli sudah sesuai dengan tipe oli lo sob. Karena itu perlu perhatikan SAE (The Society of Automotive Engineering). Misal untuk motor yang berdomisili di dataran tinggi dan suhu dingin, sebaiknya gunakan oli yang lebih encer seperti SAE 10W-30 atau SAE 15W-50.

Sesuai dengan pembahasan kita soal mesin yang sering panas, maka yang harus lo perhatikan adalah kode API alias American Petroleum Institute. Sebab kode ini akan berkaitan suhu mesin motor ketika digunakan. Untuk motor yang pemakaiannya normal, lo bisa memilih kode API SA sampai API SE. Sedangkan untuk kinerja mesin yang cukup berat, sebaiknya pilih kode API bertanda abjad besar.

Dan terakhir yang perlu lo perhatikan adalah material atau bahan oli yang dipilih. Salah satu bahan oli yang paling direferensi dapat meredam panas adalah oli berbahan ester. Itu sebabnya mengapa biasanya motor-motor balap menggunakan oli Ester untuk motornya.

Oli Mesin Tahan Panas

oli mesin tahan panas

Tapi sebenarnya apa sih oli Ester itu? Oli ester merupakan oli yang salah satu bagiannya adalah Ester, yakni sebuah senyawa dengan base oil tingkat tertinggi saat ini. Berdasarkan uji coba, oli berbahan ester jauh lebih efektif dalam meredam panas pada mesin-mesin yang bekerja berat. Itu sebab teknologi oli ester hanya digunakan untuk motor balap.

Namun jangan khawatir, saat ini oli X-TEN, yang merupakan salah satu brand lokal Indonesia, telah mengembangkan keunggulan oli Ester di Indonesia. Konon molekul-molekul yang ada pada oli ester X-TEN dapat melindungi permukaan mesin motor lo dan membentuk lapisan tipis pelumas serta memberi efek baik terhadap pelumasan mesin motor lo.

Tak sekadar melindungi, kandungan Ester dalam Oli X-TEN menjadikan oli ini menjadi salah satu oli mesin yang mampu menjaga akselerasi motor dalam suhu tinggi agar tetap stabil. Selain itu, umur pemakaian oli ini pun lebih lama dibandingkan dengan oli biasa. Oli X-TEN terbukti memiliki masa penggunaan yang mencapai 5.000 km, lebih tahan lama dibanding oli lainnya yang mengandung sintetik aja.

Jadi buat apa pikir panjang lagi, coba ganti oli lo dengan oli yang nggak cepat panas dan tahan lama ini! Gak hanya terjamin kualitasnya karena sudah memiliki sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Japanese Automotive Standard Organization (JASO) – JAPAN, tapi juga sudah digunakan oleh jutaan orang. ()