Oli Tahan Penguapan

Oli Tahan Penguapan untuk Hindari Motor Injeksi Mati Mendadak

Ada kalanya motor dengan sistem injeksi bisa mati tiba-tiba. Apakah lo pernah mengalaminya sob? Beberapa hal yang menyebabkan motor injeksi mati mendadak perlu lo pahami. Salah satunya bisa jadi lo melewatkan fungsi oli tahan penguapan. Tapi untuk menghindari motor injeksi mati mendadak, cek poin-poin ini.

Masalah pada Busi

Salah satu komponen penting kendaraan adalah busi. Motor injeksi bisa mati mendadak, mesin tidak bisa nyala, jika busi yang bermasalah. Dalam penggunaannya, busi pun memiliki batasan waktu. Lo perlu ganti jika busi sudah saatnya diganti. Biasanya jika jarak tempuh motor injeksi sudah mencapai 8.000-10.000 km, lo perlu mengganti busi. Cek juga busi motor injeksi lo sob jika sudah mencapai jarak tempuh 4.000 km.

Busi terletak pada ruang pembakaran pada mesin motor injeksi. Jika tidak dilakukan penggantian di waktu yang tepat, busi bekerja pada suhu yang sangat panas dan tidak akan bisa bertahan lama. Lupa mengecek busi atau mengabaikannya maka potensi motor mati mendadak sangat besar. Ini tentu saja akan merepotkan lo dalam beraktivitas.

Tidak Tepat Menggunakan Bensin

Kelebihan motor injeksi yang bisa lo nikmati adalah adanya teknologi canggih untuk suplai bahan bakar dan oksigen sesuai kebutuhan mesin. Namun, teknologi canggih ini juga memerlukan keselarasan penggunaan bahan bakar yang tepat. Motor injeksi bisa mati mendadak bisa jadi karena salah satunya akibat menggunakan bensin yang tidak tepat.

Bensin Pertamax merupakan jenis bahan bakar yang paling pas untuk motor injeksi. Jika motor injeksi lo mengonsumsi bahan bakar lain atau bensin botolan, kinerja mesin akan menurun. Dalam jangka waktu lama kemudian motor injeksi berpotensi mati mendadak.

Tersumbatnya Injektor pada Mesin

Hal lain yang perlu diketahui kenapa motor injeksi mati mendadak adalah injektor pada mesin tersumbat. Injektor memiliki fungsi yang sangat penting, yakni mengalirkan bahan bakar pada motor lo. Jika tersumbat karena kotoran atau debu yang tidak dapat disaring oleh saringan bensin maka motor lo bisa mati mendadak. Itu karena aliran bahan bakar terhambat oleh kotoran yang menempel pada injektor.

Selain tersumbatnya injektor, motor mati mendadak bisa karena saringan udara kotor atau katup mesin terganjal. Lo perlu segera mengantisipasi hal ini, misalnya buru-buru membawa kendaraan lo ke bengkel untuk dilakukan penanganan lebih lanjut.

Tidak Disiplin Melakukan Perawatan

Dengan teknologi canggihnya, motor injeksi membutuhkan perawatan yang cerdas dan disiplin. Jika lo malas melakukan perawatan, kendaraan kesayangan lo nggak akan awet, mesin tidak bisa berkinerja optimal, dan akibatnya mati mendadak. Ada perawatan yang bisa lo lakukan di rumah, ada juga yang harus di bengkel. Semua itu tergantung pada kebutuhan motor serta kedisiplinan lo sih sob.

Hal yang perlu dipahami, motor injeksi membutuhkan analisis jarak tempuh untuk memastikan komponen mesin masih baik atau mengalami gangguan. Untuk itu, lakukan perawatan motor injeksi lo di bengkel yang memiliki peralatan memadai. Lo juga perlu cerdas memilih merek oli motor terbaik yang dapat mendukung kinerja mesin motor injeksi lo.

Oli Tahan Penguapan

Oli Tahan Penguapan

Oli X-TEN dapat menjadi pilihan yang tepat dan cerdas agar motor injeksi lo tidak mengalami mati mendadak. X-TEN akan menjaga kondisi mesin motor lo tetap oke pada suhu tinggi saat perjalanan jauh dan menjaga akselerasi motor stabil. Tarikan motor juga tetap enak saat digeber untuk perjalanan jauh dan macet. Entengnya tahan lama. Ini akan membuat lo nyaman karena motor injeksi lo tidak mengalami mati mendadak.

Umur mesin motor injeksi juga lebih panjang jika menggunakan oli X-TEN. Itu karena X-TEN memiliki kemampuan proteksi yang lebih dengan membentuk lapisan pelindung dinding silinder sehingga aman dari gesekan piston. X-TEN juga punya kemampuan cleansing tinggi, membersihkan bagian mesin dari sisa pembakaran. Lo bisa membeli oli X-TEN untuk motor injeksi lo di Planet Ban terdekat.()